Sabtu, 30 September 2017

Mencari Android Developer Surabaya

Android Developer

Tulisan ini adalah pengalaman pribadi dari teman saya : Halo kali ini, saya akan berbagi pengalaman soal mencari android developer Surabaya. Mengapa kota Surabaya, bukan kota lainnya. Kota Surabaya memiliki banyak universitas teknologi yang mempunyai jurusan IT. Dan sudah rahasia umum, gaji di Surabaya jauh lebih murah daripada gaji di Jakarta atau daerah Jawa Barat. Dengan demikian biaya membuat program atau menggaji programmer lebih murah di Surabaya. Mungkin hanya di Yogyakarta yang mengalahkan tarif Surabaya.

Selain itu, saya tinggal di Surabaya. Untuk memastikan software android yang saya pesan sesuai dengan user requirement yang saya buat, yang terbaik dari segi harga dan waktu pastilah nyari developer android di Surabaya.

Sebagai seorang Automation Engineer yang berkecimpung di dunia PLC dan SCADA, sudah lama, saya dan beberapa teman seprofesi ingin membuat modul Home Automation atau yang juga dikenal dengan sebutan Smart Home. Idenya adalah membuat sebuah rumah memiliki kontrol otomatis untuk pencahayaannya (lampu-lampu dalam atau luar rumah), detektor keamanan rumah seperti detektor asap atau detektor kebocoran dari tabung gas, kunci pintu otomatis hingga gerbang pagar otomatis. Unsur CCTV tidak kami masukkan karena kami pikir sudah ada modul cctv yang terintegrasi.

Sebenarnya modul Smart Home seperti ini sudah dibuat di luar negeri. Tapi keinginan saya dan beberapa teman adalah membuat modul sendiri, karena selama ini Engineer Automation di Indonesia hanya berperan sebagai tukang jahit. Jadi keinginan ini adalah membuat teknologi yang made in Indonesia.

Pembuatan modul hardware untuk kontrol ke device (seperti ke lampu, pintu, detektor) bisa kami kerjakan karena hal tersebut sesuai dengan bidang keilmuan kami. Tetapi untuk pembuatan app di Android kami kesulitan karena hal tersebut bukan bidang kami. Sebagai modul smart home, hasil akhir haruslah mudah dioperasikan oleh masyarakat umum dan lebih mudah bila melalui aplikasi android.

Sebelum project kami teruskan, kami harus pastikan ada developer di Surabaya yang bisa membuat aplikasi android. Dari rekomendasi adik, kami dapatkan seorang developer android di kota Surabaya. Karena project belum dimulai, kami masih menjelaskan tentang project kami dan bila modul kami selesai apakah bisa mengerjakan aplikasi androidnya. Dan mereka bersedia jadi saat ini kami memulai pembuatan prototype hardwarenya. Doakan sukses yah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar