5 Aplikasi Android yang Memudahkan Anda Belajar Bahasa Inggris

adsense 336x280 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris - Menguasai bahasa Inggris kini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Pasalnya, persaingan di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan bisnis akhirnya memaksa banyak orang untuk bisa menguasai bahasa asing ini. Namun sayangnya, bahasa Inggris tidak dapat dipelajari dengan cara instan. Ada proses yang cukup panjang yang harus dilalui seseorang hingga mampu menggunakan bahasa ini dengan baik dan benar.

Dengan jadwal yang begitu padat, Anda mungkin merasa kesulitan jika harus mengambil kursus atau kuliah bahasa Inggris. Sebagai solusi, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan belajar bahasa Inggris melalui aplikasi Android.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi belajar bahasa inggris yang tersedia di playstore, kesemua aplikasi tersebut akan sangat membantu Anda dalam belajar bahasa inggris secara cepat dan mudah tanpa harus mengganggu aktivitas Anda yang lainnya.

Dan berikut ini adalah daftar 5 aplikasi untuk belajar bahasa inggris terbaik yang sangat cocok untuk para pemula dan bisa Anda download melalui smartphone android kesayangan Anda :

1. Duolingo

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
Aplikasi Duolingo – manrepeller.com

Aplikasi Duolingo merupakan media yang menyenangkan bagi yang ingin belajar berbagai bahasa di dunia, termasuk bahasa Inggris. Untuk registrasi, Anda bisa menggunakan email, lalu membuat nama pengguna dan kata kunci sesuai keinginan. Setelah itu, pilih tingkat kesulitan (level) yang Anda inginkan. Di sana, Anda akan mengerjakan beberapa kuis seru, yang meliputi pelajaran kosakata, tata bahasa, menulis, dan mendengarkan.

Saat mengerjakan kuis tersebut, akan ada beberapa pertanyaan yang diulang guna memperkuat ingatan Anda agar tidak mudah lupa dengan jawaban sebelumnya. Jika sudah melakukan kesalahan hingga empat kali, Anda wajib mengulang pelajaran dari awal. Jika sudah berhasil, Anda bisa melanjutkan ke level berikutnya. Dengan demikian, setiap tingkatan materi yang Anda pelajari bisa benar-benar Anda pahami.

2. Mosalingua

aplikasi untuk belajar bahasa inggris
Aplikasi Mosalingua – top10de.com

Salah satu tantangan tersulit saat seseorang sedang belajar bahasa Inggris adalah banyaknya kosakata yang tidak diketahui artinya. Apabila hanya dipelajari sekali, kosakata itu biasanya akan segera hilang dan terlupakan.

Di dalam pembelajaran, Mosalingua menggunakan sistem SRS (the Spaced Repetion System). Secara terjadwal, Anda akan diajak mengingat kembali materi-materi yang sudah Anda pelajari berulang kali, sehingga materi-materi tersebut berada di dalam memori jangka panjang.

3. English Podcast eBizity

aplikasi bahasa inggris
English Podcast eBizity - itunes.apple.com

Salah satu cara paling efektif agar seseorang bisa mengucapkan bahasa Inggris dengan pelafalan yang tepat adalah sering mendengarkan ucapan penutur asli, serta menirukannya berulang kali. Melalui English Podcast eBizity, Anda dapat mendengarkan beragam audio berbahasa Inggris beserta transkripnya, serta kosakata-kosakata sulit yang ada di dalamnya.

Ada dua jenis gaya bahasa yang tersedia di sana, yakni British English (BrE) oleh BBC dan American English (AmE) oleh VoA. Selain itu, ada juga beberapa lagu berbahasa Inggris terpopuler yang selalu diperbaharui secara berkala. Dengan demikian, Anda bisa belajar bahasa dalam konteks yang sebenarnya sekaligus bernyanyi dengan cara pengucapan dan arti yang sesuai.

Untuk menjalankan audio di aplikasi ini, Anda tentu harus memiliki kuota yang cukup. Salah satu operator yang bisa memberikan kuota melimpah adalah Smartfren. Jika memiliki MiFi Andromax, Anda bahkan tidak perlu membeli paket kuota secara terpisah. Sebab, pulsa Smartfren Anda akan secara otomatis berubah menjadi kuota internet.

Dengan jaringan 4G, Smartfren memberikan akses internet cepat yang mampu menjangkau berbagai kawasan di Indonesia. Saat berada di lokasi yang jauh dari konter, pengguna bisa membeli pulsa secara online, di aplikasi Traveloka misalnya.

4. Busuu

aplikasi belajar bahasa inggris terbaik
Busuu App – google play

Setelah membeli pulsa Smartfren di website Traveloka (https://www.traveloka.com/connectivity/pulsa/smartfren), Anda bisa melanjutkan belajar bahasa Inggris lewat aplikasi Busuu. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain, fitur-fitur yang disajikan Busuu memang terlihat lebih sederhana. Akan tetapi, setiap fitur tersebut sangat mudah untuk diikuti.

Di aplikasi tersebut, sudah tersedia beberapa level kemampuan berbahasa yang bisa Anda pilih. Di setiap level, ada banyak materi menarik yang bisa Anda ikuti. Selain dengan gambar, setiap materi juga disertai audio dari suara penutur asli. Setelah itu, ada kuis seru yang akan mengetes pemahaman Anda terhadap materi-materi yang ada di level tersebut.

5. English Grammar

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris
English Grammar – myenglishteacher.eu

Bagi sebagian orang Indonesia, penggunaan waktu dalam tata bahasa Inggris memang kerap membingungkan. Pasalnya, perubahan waktu di dalam bahasa tersebut juga kerap membawa perubahan pada bentuk kata kerja yang digunakan. Belum lagi materi-materi lain, seperti penggunaan artikel, kata benda yang bisa dihitung dan tidak, serta berbagai aturan yang tidak ditemukan dalam bahasa Indonesia.

Agar lebih mudah dalam mempelajari tata bahasa Inggris, aplikasi yang bisa Anda unduh adalah English Grammar. Di sana, terdapat cukup banyak materi tentang tenses, contoh-contoh kalimat, serta kuis tata bahasa Inggris. Ada juga beberapa bacaan, audio, video, dan kuis, yang akan mengasah kemampuan Anda, tetapi barangkali juga akan menguras pulsa Smartfren Anda.

Itulah 5 aplikasi android terbaik untuk belajar bahasa inggris yang bisa digunakan untuk memudahkan proses belajar Anda. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi dari Android tersebut, maka Anda akan bisa belajar bahasa inggris kapan saja dan di mana saja. Selamat belajar. adsense 336x280

0 Response to "5 Aplikasi Android yang Memudahkan Anda Belajar Bahasa Inggris"

Posting Komentar