Tips Mengatasi HP Yang Tercebur Ke Air Secara Tepat

adsense 336x280
Tips Mengatasi HP Yang Tercebur Ke Air Secara Tepat

Tips Mengatasi HP Yang Tercebur Ke Air Secara Tepat - Banyak hal yang sering terjadi pada ponsel kita yang bisa mengganggu kinerja dan performa dari gadget itu sendiri, dimana hal tersebut tentu tidak ingin terjadi pada ponsel kesayangan kita, salah satunya adalah seperti HP kemasukan atau tercebur ke dalam air.

Hal ini apabila tidak diantisipasi dengan tepat akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah bahkan mati total. Dan karena panik dan ketidaktahuan kita sering melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dianjurkan ketika HP kita masuk ke air, ini pernah saya bahas sebelumnya pada artikel Tindakan Keliru Pada Smartphone yang Tercebur Ke Air.

Agar hal buruk tersebut tidak kita alami, maka pada artikel kali ini akan membahas tentang cara tepat mengatasi HP yang tercebur ke air. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Tetap tenang

Saat HP jatuh dan terendam dalam air, sebaiknya Anda jangan langsung panik dan tergesa gesa melakukan hal yang sebaiknya dihindari. Yang pertama harus anda lakukan untuk mengatasi HP yang tercebur ke air yaitu berusaha untuk tetap tenang dan ambil HP yang tercebur tadi dengan hati hati. Pastikan tidak ada sambungan listrik yang bisa memungkinkan Anda mengalami sengatan listrik.

2. Matikan HP dan buka baterai

Jika HP tercebur dalam waktu yang singkat, mungkin air tidak akan mencapai bagian dalam seperti sirkuit dan IC hardware. Cara mengatasi HP yang tercebur seperti demikian cukup dimatikan terlebih dahulu dan buka baterainya agar tidak terjadi korsleting listrik, lepaskan juga kartu SIM dan kartu memori yang terpasang. Setelah itu keringkan dengan menggunakan lap kering dan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Jika dirasa sudah cukup, maka pasang kembali HP dan coba nyalakan, apabila HP bisa beroperasi seperti biasa, maka hal tersebut sudah bisa diantisipasi, namun jika HP tidak hidup, maka ada kemungkinan terjadinya korsleting listrik di bagian sirkuit. Kalau itu terjadi, maka tindakan yang paling tepat adalah dengan membawanya ke pusat service hardware.

3. Rendam di dalam beras

Beras adalah benda yang sangat efektif dalam menyerap cairan dan membuat benda benda lain di sekitarnya mudah kering. Supaya ponsel yang tercebur ke air dapat dikeringkan secara alami, maka cobalah untuk merendamnya dalam beras selama kurang lebih setengah jam. Cara ini bisa menyerap air di sela sela yang tidak bisa dijangkau oleh kain lap.

4. Hindari hair dryer

Salah satu cara keliru dalam mengatasi HP yang tercebur ke air adalah penggunaan hair dryer. Walaupun maksud awalnya adalah ingin mengeringkan HP, namun cara ini sangat bahaya karena bisa merusak komponen dan sirkuit HP akibat panas yang ditimbulkan. Langkah paling baik yang bisa dicoba untuk mengeringkan adalah dengan menggunakan vacuum cleaner, karena alat ini bisa menyedot cairan atau debu tanpa memanaskan komponennya.

Demikianlah beberapa tips cara mengatasi HP yang tercebur ke air. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. adsense 336x280

0 Response to "Tips Mengatasi HP Yang Tercebur Ke Air Secara Tepat"

Posting Komentar