Cara Mengatasi Keyboard Error Pada Komputer

adsense 336x280 Cara Mengatasi Keyboard Error Pada Komputer - Keyboard komputer merupakan komponen yang sangat penting pada komputer. Fungsi keyboard komputer adalah untuk memasukkan data atau memberi perintah pada komputer. Dengan adanya keyboard, kegiatan mengetik naskah jadi lebih mudah dibandingkan dengan keyboard virtual.

Keyboard komputer rentan terhadap kotoran dan debu. Kotoran dan debu dapat melekat pada sela-sela tombol keyboard. Selain itu, kotoran jenis cairan juga bisa terjadi. Keyboard yang terkena cairan bisa menjadikan keyboard tidak berfungsi, macet, tombol seperti terpencet terus, dan bisa juga terjadi hubungan pendek yang bisa menyebabkan keyboard tidak bisa digunakan kembali dan yang terparah yaitu menyebabkan port PS/2 pada motherboard mengalami kerusakan.

Cara Membersihkan Keyboard

Untuk mencegah semua itu kita harus secara rutin membersihkan keyboard dari kotoran-kotoran yang mungkin masuk, berikut adalah cara untuk membersihkan keyboard :

Membersihkan keyboard dari kotoran dan debu:

Cara Membersihkan Keyboard

Jika keyboard terkena kotoran atau debu maka pakailah kuas kecil atau vacuum cleaner dengan ujung sikat yang sempit dan kecil sehingga kotoran dan debu bisa tersedot secara mudah.

Membersihkan keyboard dari kotoran cair:

  • Pakai tisu atau lap kering untuk membersihkan kotoran yang berupa cairan.
  • Agar lebih mudah dibersihkan, keyboard perlu dibuka terlebih dulu. Dalam membersihkan bagian dalam keyboard perlu berhati-hati karena sangat rawan terhadap goresan yang bisa menyebabkan jalur menjadi putus.
  • Pada tombol penghantar, bersihkan satu persatu pada bagian arang atau penghantarnya. Pada bagian konektor juga perlu diperiksa, khususnya utamanya kabel. Hal ini karena kabel berukuran sangat kecil dan kabel keyboard biasanya sangat mudah kehimpit baik oleh meja ataupun benda lainnya.

Cara Memperbaiki Keyboard

Cara Mengatasi Keyboard Error

Terdapat sejumlah kerusakan yang mungkin terjadi pada keyboard. Yang pertama, keyboard tak terdeteksi oleh komputer, kerusakan yang kerap terjadi pada keyboard yaitu komputer tidak mengenali keyboard. Ketika proses booting, komputer macet secara tiba-tiba dan tampil pesan error "Keyboard error or no keyboard present". Pesan error tersebut maksudnya ketika proses booting, komputer tak mendeteksi adanya keyboard.

Baca juga :

Apabila hal itu terjadi, berikut ini adalah cara mengatasi keyboard error pada komputer :
  1. Matikan komputer dan periksa apakah kabel keyboard sudah terpasang dengan benar ke CPU.
  2. Bila perlu lepas lalu pasang kembali kabel keyboard tersebut untuk memastikan bahwa koneksi sudah tepat.
  3. Bila komputer dihidupkan lagi, dan pesan kesalahan masih ditampilkan, maka kemungkinannya adalah terdapat kerusakan pada keyboard.
  4. Coba dengan menggunakan keyboard lainnya untuk meyakinkan bahwa yang rusak adalah keyboardnya.
  5. Bila dengan melakukan penggantian keyboard pesan kesalahan tetap saja muncul, berarti yang rusak bukan keyboard¬nya. Namun, bisa saja port keyboard pada motherboard yang mengalami kerusakan.

Kerusakan lainnya yang dapat terjadi pada keyboard adalah tombol keyboard tertekan terus atau tombol keyboard sering macet saat ditekan. Hal ini mungkin karena tumpukan debu di sela-sela tombol keyboard sehingga mengakibatkan keyboard macet.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan keyboard. Kotoran yang melekat pada keyboard dapat disingkirkan dengan cara disedot dengan menggunakan vacuum cleaner atau bisa juga dibersihkan dengan menggunakan kuas. Langkah pembersihan ini harus dilakukan saat komputer dalam keadaan mati dan keyboard dilepas dari port-nya.

Itu tadi adalah sedikit tips mengenai cara mengatasi keyboard error pada komputer yang bisa anda praktekan. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Terima kasih. adsense 336x280

0 Response to "Cara Mengatasi Keyboard Error Pada Komputer"

Posting Komentar